Tuesday, January 22, 2013

6 Cara Membuat Irit Bahan Bakar Pada Sepeda Motor

6 Cara Membuat Irit Bahan Bakar Pada Sepeda Motor

Auto sport - 6 Cara Membuat Irit Bahan Bakar Pada Sepeda Motor.

Pengguna sepeda motor dalam kesehariannya memang sangat berbeda-beda. Banyak diantaranya dari prngguna sepeda motor, yang serin kali ingin membuat sepeda motor nya lebih cepat. Dengan merubah sepeda motor nya lebih boros, sesungguhnya itu hanya merusak sepeda motor.
disini kami jelaskan membat sepeda motor anda bisa  Irit dan Sehat. agar anda para bikers tidak lagi repot-repot dengan bahan bakar boros ataupun hal-hal negatif lainnya pada kendaraan anda.

Berikut ini adalah langkah- langkah yang harus anda klakukan :

1. Meningkatkan kompresi pada ruang bakar/mesin.

perlu kita ingat semakun tinggi kompres maka bahan bakar yang masuk dalam silinder akan terkompresi  atau terbakar sempurna, dan kita perlu tahu bahwa di dalam pembakaran jika kompresi tidak tinggi atau bocor, maka bahan bakar akan terbuang sia-sia dan hanya menjadi kerak dalam saluran pembuangan saja. maka motor anda akan mejadi lamban dan boros.

2. Atur klep dan Head kop anda.

mengatur klep sama pentingya juga dengan meningkat kan kompresi. Di dalam mengatur klep kita harus perlu tau ukuran dan pergeseran klep nya. ukuran untuk klep hisap yaitu (0,10 s/d 0,14)
                                                                                    klep buang yaitu (0,15 s/d 0,20)
Untuk tinggi bukaan ukuran klep yaitu                           klep hisam yaitu (6,0 mm)
                                                                                    klep buang yaitu (6,4 mm).
3. Service Karburator dan Injektor

Service tidak hanya membersihkan sepuyer tetap juga membersihkan,( Main jet,Pilot jet,Apung-apung dan semua yang ada di karburator),seringkali penyervice hanya membersihkan sepuyer saja, tetapi lainya itu juga harus dibersihkan dan diatur agar perbandingan udara dan bensin seimbang, dan tidak menimbulkan hal-hal negatif. begitupun juga injektor diatur penyuplai bahan bakar yang masuk dalam silinder.
 inilah perbandingan yang sebenarnya :
Starting (mesin dingin)                             : 2 - 3 : 1 (diperlukan coke)
Starting (mesin panas)                             : 7 - 8 : 1
Indling operation                                     : 8 - 10 : 1
Kecepatan rendah                                   : 10 -  12 : 1
Kecepatan medium                                  :  15 - 17: 1
Kecepatan tinggi bahan berat                    :  12-13 : 1
Perbandingan untuk memperoleh tenaga   : 12 - 13 : 1
Perbandingan terbakar seluruhnya            : 15 : 1
perbandingan campuran minimum             : 16 - 7 : 1

4. Mengganti dan Membersihka Busi secara Berkala.

Sering kali kita hanya membersihkan nya saja,selain itu kita juga harus memperhatikan pada sumbu businya.
kita juga harus mengecek busi itu masih hidup apakah sudah setengah mati bahkan mati, maka dari itu sering kali kita tak sadar saat melewati genangan air yang sering kali dapat masuk dalam busi, dan bisa menjadikan busi setengah mati, bahkan mati. maka kita harus mengeceknya secara berkala.

5. Cermati Posisi Kampas Rem dan Keausan Kampas Rem.

kita sering melihat setiap saat, biasanya kendaraan kita tidak ada tenaganya, dan menjadikan kita sering jengkel. itu sebabnya adalah kampas rem yang sudah haus ataupun geser, maka dari itu menjadikan kendaraan boros dan kendaraan tak ada tenaganya. maka bila kendaraan anda sterdapat ciri-ciri seperti itu maka servicekan segera pada Kampas kopling nya.

6. Dan yang terakir  Ubah Gaya Berkendara Anda.

Agar kendaraan anda awet dan sehat, maka rubahlah kebiasaan berkendara anda. Sering kita melihat pengendara motor ugal-ugalan dan memacu motornya supaya kenceng, itu ada sisi baik dan buruk nya. selain itu jika anda menghndari hal tersebut maka kendaraan anda awet dan iri, begitupun dengan keselamatan diri anda. anda selamat sepeda motor anda juga awet.


Itulah yang dapat kami sampaikan untuk cara-cara menghemat bahan bakar, dan kesehatan pada kendaraan anda. selain itu juga penting anda perhatikan komponen kopmponen yang lainya juga agar anda dapat mengetahui dimana kerusakan, dan juga dapat menghindari dari hal-hal negatif dalam kenaraan anda, begitupun keselamatan anda.


0 comments:

no spam