Wednesday, January 23, 2013

Meningkatkan Kompresi Mesin motor

Meningkatkan Kompresi Mesin motor

MENINGKATKAN DAYA TENAGA PADA MESIN SEPEDA MOTOR


Kebanyakan sekarng banyak pengendara sepeda motor yang ingin meningkat kan kinerja motornya atau tune up.
untuk itu disini kami jelaskan bagai mana cara nya meningkat kan kinerja mesin pada sepeda motor anda dengan terperinci. dan perlu di usahakan beberapa hal.


  1. Meningkatkan/menaikan perbandingan kompresi mesin
  2. Memperbaiki porting klep IN maupun klep EX, supaya sirkulasi bahan bakar menjadi lancar dan baik.
  3. Merubah durasi atau life noken as.
  4. Mengubah pengapian (bilamana diperbolehkan dalam perlombaan).
  5. Merubah rasio dengan close rasio
  6. Seting karburator.  
A. Meningkatkan kompresi

Kompresi = (compertion ratio = CR ) adalah cara awal yang ditempuh para mekanis untuk meningkatkan power mesin.namun demikian dalam meningkatkan suatu perbandingan komperesi perlu diperhatikan berbagai faktor antara lain : bahan bakar yang digunakan,piston dengan kualitas yang bagus,dan ketahanan mesin.

Beberapa Cara Dalam Deningkatkan Komperesi. 
  1.  Mengganti piston dengan model racing.
  2. Mendekatkan deck clearance.
  3. Membubut head
  4. Mengelas head.
  5. Membuat blok dan piston.
B. Cara Menurunkan Komperesi
  1. Merimer dom pada head.
  2. Memperdalam coakan klep pada piston.
  3. Membubut piston.
C. Keuntungan Komperesi Tinggi
  1. Power mesin meningkat
  2. Final gear menjadi berat
  3. Power mesin terasa dari atas sampai dari bawah.
D. Kerugian Menggunakan Kompresi Tinggi
  1. Mesin lebih cepat panas.
  2. Engine break menjadi besar dan kasar.
  3. Apabila perhitungan komperesi tidak tepat, maka akan terjadi denotasi.
E. Untuk mengetahui/ menhitung perbandingan komperesi (CR) , dari satu mesin. kita perlu mengetahui dulu volume isi silinder yang akan dikerjakan. 
     Conotoh pada : JUPITER Z  O/S 100 Bore atau D : 52 mm = 5,4 cm
     = 0,785 x 5,22 x 5,22
     = 114,6 cc : 115 cc

CONTOH PADA JUPITER Z 100 O/S 
Volume ruang bakar diukur dengan buret lewat busi adalah 14,55 cc
Jadi voume ruang bakar 14,55 cc - 7 cc = 13,85 ( 0,7 cc adalah Volume ruang busi )
Cara menentukan berapa cc isi ruang bakar yang harus kita pakai pada komperesi yang sudah kita tentukan.
Misalnya kita menginginkan perbandingan komperesi 1 : 14, Berapa voume ruang bakarnya ?
Berati apabila kita menginginkan perbandingan kompresi 1 : 14, isi ruang bakar harus 8,84 cc (PORTING).
Maksud dari mengubah (porting) adalah usaha memperbaiki atau menimgkatkan,mengoptimalkan voumetri, dengan mengoptimalkan aliran gas ke ruang bakar.

Ada 3 faktor yang menentukan dalam besarnya tenaga pada sebuah mesin.

  1. Efisiensi mesin yaitu : Seberapa dorongan pada piston piston yang dihasilkan oleh gaya putaran fly weel.
  2.  Efisiensi (Thermal) atau (Panas), Yaitu seberapa banyak bahan bakar yang harus dibakar/dipanaskan dalam silinder untuk mendorong piston turun kedalam (TMB) secara optimal dan efisien.
  3. Efisiensi volumetri yaitu membuat saluran/ukuran yang tepat untuk memompa gas secara optimal.
Dalam memodifikasi head/cop head usahakan tidak mendapat hambatan apapun, misalnya lubang intake dengan lubang manifold. Atas harus sama dengan joint / karet manifold, dan usahakan saat merimer tidak ada ruang yang menyudut, karena sangat menggangu saluran gas yang masuk dalam ruang bakar, dan kurang maksimal dan optimal.


Ini baru meningkatkan kinerja dan mengoptimalkan tenaga pada mesin, meskipun sederhana tetapi masih banyak mekanis yang sering tidak memperhatikan ukuran dan asal-asalan. Mumgkin kita tahu banwa mesin respek dari manusia. karena itu kta harus memperhatikan ukuran setiap detailnya.



0 comments:

no spam