Monday, January 21, 2013

Penjabaran Teori Dasar Mesin

Penjabaran Teori Dasar Mesin

Sebelum kita mengenal mesin lebih jauh, ini penjelasan mengenai Type mesin dan Klasifikasi mesin.
nah, Ini bisa dikatakan sambungan dari komponen dasar Sepeda motor dan sama kaitan nya dengan mesin, tetapi ini lebih spesifik dari pemjelasan tentang penjabaran yang ada di pelajaran mesin di Tehnik..

Teori dasar mesin.

  1.  apakah mesin itu???

untuk mengizinkan sebuah sepeda motor motor dengan penumpangnya melaju di jalan raya , roda sepeda motor harus mempunyai gaya gerak dan untuk mengendarai di perlukan mesin.
       secara umum mesin untuk merubah energi air,panas,listrik,atau tenaga atom menjadi tenaga mekanik.
       mesin yang digunakan untuk merubah energi panas yang dihasilkan oleh pembakaran menjadi tenaga disebut mesin panas (thermal engine).

     2.  Typedari mesin panas.
ada dua type mesin panas. yan pertama internasional combastion misalnya mesin bensin dan mesin disel dimana energi pana dihasilkan dan digunakan sebagai tenaga.
 type yang lain adalah external combustion engine. misalnya : mesin uap turbin uap, dimana energi panas yang di hasilkan di luar mesin itu sendiri mesin di ubah menjadi tenaga.
  mesin panas :
A. internal combastion engine , (mekanisme pembangkitan panas adalah sama dengan mekanisme perubah energi) msalnya : mesin bensin, mesin diesel,turbin gas, mesin jet dan lain lain.
B. exsternal combastion engine ,(mekanisme pembangkit panas dan mekanisme perubah energi adalah terpisah) misalnya : mesin uap, turbin uap. 

   mesin sepeda motor harus berukuran kecil, tenaga yang besar untuk mudah di kendalikan .keenderungan untuk membuat kesalahan kecil, tidak berisik untuk persyaratan diatas, digunakan mesin bensin.
  
    3. Klasifikasi untuk internal combastion engine 
 internal combastion engine diklasifikasikan menurut type dari nbahan bakar. Type dari gerakan , sistem penyalaannya dan gerakan piston.
    A. klasifikasi berdasarkan bahan bakar.
mesin bensin,mesin diesel (minyak bakar ringan),mesin gas(LPG), turbin gas,(light oil,heavy oil) dan mesin jet (kerosin)
    B. klasifikasi berdasarkan gerak .
reciprokal engine (piston engine) dan rotari engine (tubin,engine,rotari engine).
    C. klasifikasi berdasarkan sistem penyalaan.
penyalaan dengan busi, penyalaan berdarsarkan kompresi,hot blub engine.
    D. dibedakan berdasarkan cara kerja .
mesin 4 tak : (4-cycle) 
mesin 2 tak : (2-cycle)
mesin rotari
didasarkan berdasarkan metoda lainnya
  a. sistem pemsukan bahan bakar...kevakuman intake (super charge,turbo charge)
  b.sistem pendinginan mesin...........pendinginan dengan udara (natural air cooling,forced air cooling)pendinginan dengan cairan (liqued coling)
  c. posisi engine............................tegag lurus,menghadap depan segaris, mendatar.

0 comments:

no spam